Izin Usaha Jasa Konstruksi yang selanjutnya disingkat IUJK adalah izin untuk melakukan usaha di bidang jasa konstruksi yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.

Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Purbalingga Nomor 07 Tahun 2013 tentang Izin Usaha Jasa Konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purbalingga bertugas untuk memberikan Rekomendasi Penerbitan IUJK, selanjutnya proses penerbitan IUJK dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purbalingga.

Sebelum Rekomendasi Penerbitan IUJK dikeluarkan, terlebih dahulu dilakukan proses verifikasi kelengkapan berkas oleh Tim Verifikasi  DPUPR. Tim Verifikasi beranggotakan 4 (empat) orang yang terdiri dari Kepala Dinas PUPR selaku Ketua Tim, Kepala Bidang Bina Program selaku Sekretaris, Kepala Seksi Bina Jasa Konstruksi selaku Anggota 1 dan Staf Seksi Bina Jasa Konstruksi selaku Anggota 2. Proses verifikasi kelengkapan berkas pengajuan IUJK yang diajukan oleh pemohon berupa pengecekan lokasi perusahaan, masa berlaku Sertifikat Badan Usaha (SBU), SKT/SKA tenaga tetap perusahaan, papan nama perusahaan, dan peralatan yang dimiliki oleh perusahaan pemohon.

Proses pengajuan Rekomendasi Penerbitan IUJK menjadi tanggung jawab dari Bidang Bina Program DPUPR Kabupaten Purbalingga melalui Seksi Bina Jasa Konstruksi. Untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, proses pengajuan Rekomendasi Penerbitan IUJK sudah dapat dilakukan secara online melalui website Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Purbalingga. Pemohon bisa langsung mengisi formulir isian secara online yang telah disediakan oleh Tim Verifikasi, berkas-berkas yang dipersyaratkan sebagai kelengkapan akan diminta oleh Tim pada saat verifikasi lapangan ke kantor perusahaan pemohon.

  • Formulir Isian Pengajuan Rekomendasi IUJK¬†klik disini.
  • Kelengkapan Dokumen Pengajuan Rekomendasi IUJK klik disini.